fire

Namanya FIRE tapi Justru Memadamkan Api
By admin
Thursday, July 30, 2009 19:10:00 Clicks: 152 Send to a friend Print Version
Namanya FIRE tapi Justru Memadamkan Api

Kamis, 30 Juli 2009 | 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini yang umum diketahui kebakaran dipadamkan dengan air. Namun tahukah anda kalau FIRE dapat juga memadamkam kebakaran. Loh bagaimana bisa? FIRE yang dimaksud bukan berarti api, tapi kependekan dari Fog Intellengence Robot Extinguiser.

FIRE adalah nama robot karya Selia Evanny (15), Chandra Louis (15) dan Nico Fendy (15). Ketiganya pelajar SLTP BPK Penabur Gading Serpong, Tangerang. FIRE mereka cipatakan karena terilhami dari kebakaran hutan di Australia beberapa waktu silam. Selama 4 bulan, mereka melakukan berbagai penelitian dan percobaan. Robot pertama yang mereka hasilkan juga robot pemadam api, namun saat itu masih memakai air.

Namun merasa kurang pas, ketiganya pun terus melakukan penyempurnaan dan terciptalah FIRE. Kalau pakai asap memang prosesnya enggak akan lebih cepat, tapi lebih merata, ujar Chandra Louis, selaku proyek Manager.

Untuk membuat FIRE, Chandra dan teman-teman mengorbankan waktu bermain mereka. Tak hanya itu untuk membeli segala keperluan FIRE, mereka pun rela berhemat.

Kerja keras ketiganya tak sia-sia. Pada Indonesia Information Communication and Techonology Award (INAICTA) 2009 karya mereka di ganjar sebagai creative Robot. Mereka mengalahkan saingan mereka yang lebih senior.

Meski telah menang pada ajang INAICTA, Chandra dan kawan-kawan tidak akan berhenti berkarya. Mereka berniat untuk menyempurnakan FIRE. Sekarang masih menggunakan remot. Tapi nanti akan kita lengkapi dengan kamera dan sensor, tukas Chandra.

RDI

Sumber: Kompas.Com
http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/07/30/
19105026/namanya.fire.tapi.justru.memadamkan.api
Share on Google Plus

About Angga Riana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment