Membuat jaringan Wifi (Hot spot)

Membuat jaringan Wifi (Hot spot)
by Chazper Brandalz

Langsung aja ke poko permasalahan yua ga usah berbelat belit..soalnya saya ddah ngantuk banget.., ok yang di butuhkan adalah sebuah Access Point yang nantinya akan di gunakan untuk menyebarkan gelombang (istilah kasarnya). Saat saya mencoba mencari – cari kebutuhan yang saya butuhkan maka saya putuskan untuk menggunakan Access Point merk D-Link dengan type DL 166. Karena saya tidak ingin ribet alias gampang maka saya lakukan seting pada jaringan nirkabel ini dengan sangat sederhana. Berikut langkah – langkahnya.
1. IP yang ada dalam Access Point saya adalah 192.168.0.1 sedangkan dalam jaringan saya yang telah ada adalah 192.168.1.1 jadi IP-nya memiliki kelas yang berbeda. Sebenarnya bisa saja di samakan. Tapi karena saya tidak mau ribet, maka Access Point yang ada saya jadikan jaringan baru. Jadi saya membuat sebuah WAN (Work Area Network). Sehingga pemasangannya adalah Access Poin saya hubungkan ke Hub melalui port untuk WAN (Port yang ada adalah standar, yaitu RJ 45)

2. Setelah terpasang dengan baik, saya lihat status dalam Access Poin sudah OK , maka saya langsung mencoba dengan menggunakan sebuah Laptop yang memiliki fasilitas Wifi dan setelah saya lihat, dalam jaringan laptop, terdeteksi sebuah host atau gelombang dengan nama default. saya coba connect dan berhasil, kemudian saya coba browsing dan berhasil juga. Sampai tahap ini sebenarnya instalasi Wifi sudah terwujud. Namun karena saya mempertimbangkan segi keamanan, maka saya melanjutkan porses instalasi.
3. Setelah berhasil, saya coba masuk ke Panel Control pada access point (disini kita dapat mengatur berkaitan dengan Wireles). Pada type DL-166 ini kita dapat melakukan settting dari Web Browser. saya menggunakan internet explorer. Kemudian saya ketik 192.168.0.1 di halaman web, kemudian akan muncul halaman login. Untuk user name pada perangkat ini adalah admin dan password dikosongkan. kemudian kita dapat melakukan seting sesuai denga kebutuhan. Lagi-lagi, agar tidak ribet saya menggunakan fasiltas Run Wizard yang ada di Access Point. Yang saya rubah adalah SIID yaitu nama jaringan yang akan di kenali oleh perangkat lain (host name) dan satu lagi dari segi keamanan yaitu kami mengaktifkan (enable) WEP, tujuannya adalah agar setiap orang yang akan masuk ke jaringan nirkabel kita harus memasukkan Password.

Nah sberes sudah membuat jaringan hotspot, gampang sekali. Tapi itu yang sederhana. Toh tujuan dari membangun hot spot itu adalah untuk sharing internet. Tapi Insya Allah saya akan membahas bagian – bagian lain yang harus di perhatikan dlam membuat jaringan Nirkabel.

Sebenarnya ada masalah baru yang ditimbulkan dari sharing internet ini, tapi nanti saja saya sampaikan. OK semoga bermanfaat dan semoga kita dapat terus belajar dan belajar.
Share on Google Plus

About Angga Riana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment