Kuningan , Kenapa Disebut Kuningan

Thursday, August 06, 2009 Posted by Saungweb
Labels: News

Kuningan , Kenapa Disebut Kuningan , tak dipungkiri pasca ledakan bom Kuningan menjadikan keyword Kuningan banyak di klik di dunia maya. Postingan tentang ledakan Bom Kuningan pun menjadi salah satu artikel yang diminati oleh para netter dan blogger mania, dihari pertama ledakan saja ketika pukul 07.55 meledak kemudian pukul 11.00 coba Googling , waduh..ternyata sudah banyak yang posting, ini diluar blog berita atau media masa lho, apalagi sampai hari-hari berikutnya.

Kali ini Saung Web tidak akan berbicara tentang Ledakan Bom di Mega Kuningan - Jakarta karena telah mempostingnya 3 jam pasca ledakan, tapi sisi lain yang banyak orang belum tahu yaitu tentang sejarah Kuningan .. Kenapa Disebut Kuningan, apa kaitannya dengan Kuningan sebagai salah satu kabupaten yang ada di sebelah timur Jawa Barat ??.

Menelisik kembali Sejarah Kuningan Pasca Masuknya Islam , yaitu ketika Pemerintahan Cirebon dipegang oleh Sunan Gunung Jati , saat itu Pasukan Cirebon dan Demak yang dipimpin Faletehan atau Fatahillah dibantu tentara Kuningan yang dimpin Panglimanya Dipati Ewangga atau Dipati Cangkuang bersama-sama menyerang serta menduduki Banten Dan Sunda Kelapa pada tahun 1527 M.

Setelah menduduki Sunda Kelapa tersebut Dipati Ewangga beserta sejumlah pasukanya , juga sebagian pasukan dari Cirebon dan Demak banyak yang terus menetap di Sunda Kelapa lalu namanya diganti Menjadi Jayakarta, dikemudian hari sampai sekarang nama itu menjadi Jakarta. Dapat dikatakan bahwa mereka merupakan penduduk muslim pertama di kota pelabuhan tersebut.

Pada waktu itu Dipati Ewangga bersama pasukannya ( Tentara Kuningan ) memilih daerah agak ke pedalaman sebagai tempat tinggal mereka dan mendirikan sebuah pemukiman baru yang dikenal dengan nama Kampung Kuningan. Sekarang daerah itu menjelma menjadi kawasan elite , pertokoan dan perkantoran, itulah daerah Mega Kuningan - Jakarta yang beberapa minggu lalu diguncang Ledakan Bom bahkan untuk yang kedua kalinya. Konon di Daerah itu ada sebuah kuburan yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Mungkinkah kuburan itu adalah makam Dipati Ewangga ???.

Itulah sekelumit kisah masa lalu dari Daerah Kuningan , Kenapa Disebut Kuningan. Ternyata ada kaitan atau hubungan moral dan emosional antara daerah Kuningan - Jakarta yang lebih terkenal lagi dengan ledakan bomnya dengan Daerah Kabupaten Kuningan tempat Perjanjian Linggar Jati diadakan, tempat ikan dewa hidup aman dikolam kramat seperti Cigugur , Cibulan dan Balong Darma , tempat dibuatnya Ketembling, Tape Ketan dan Sirup Jeruk Nipis sebagai oleh2 makanan khas daerahnya. Semoga menjadi bahan bacaan, syukur jadi bahan renungan bahwa Bangsa yang besar "katanya" tak melupakan sejarahnya.
Share on Google Plus

About Angga Riana

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment